Berikut Ini yang Termasuk Biografi Berdasarkan Sisi Penulisnya Adalah…

Pernahkah Anda terpikir untuk menulis kisah hidup seseorang? Apakah itu tentang diri sendiri atau orang lain, menulis biografi bisa menjadi perjalanan yang menarik. Mari kita bahas berbagai jenis biografi berdasarkan sisi penulisnya dan bagaimana mereka memengaruhi cara penulisan.

Secara umum, biografi dapat dibagi menjadi dua kategori utama: otobiografi dan non-otobiografi. Mari kita telusuri perbedaannya dan jenis-jenisnya.

Definisi Biografi

Biografi adalah sebuah karya sastra yang menceritakan kisah hidup seseorang yang ditulis oleh penulis lain atau oleh orang itu sendiri.

Ada perbedaan antara biografi yang ditulis oleh penulis sendiri (autobiografi) dan biografi yang ditulis oleh orang lain (biografi).

Autobiografi

Autobiografi adalah kisah hidup yang ditulis oleh orang itu sendiri, yang biasanya menceritakan kisah hidup dari sudut pandang orang pertama.

Biografi

Biografi adalah kisah hidup yang ditulis oleh orang lain, yang biasanya menceritakan kisah hidup dari sudut pandang orang ketiga.

Jenis-Jenis Biografi Berdasarkan Penulis

Berdasarkan siapa yang menulisnya, biografi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Setiap jenis memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya satu sama lain.

Autobiografi

  • Ditulis oleh orang yang menjadi subjek biografi itu sendiri.
  • Menyajikan kisah hidup dari sudut pandang orang pertama.
  • Biasanya bersifat subjektif dan mencerminkan pandangan serta interpretasi penulis terhadap hidupnya sendiri.

Biografi Resmi

  • Ditulis oleh seseorang yang ditugaskan atau diberi izin oleh subjek biografi.
  • Biasanya didasarkan pada penelitian mendalam dan wawancara dengan subjek atau orang yang mengenalnya.
  • Mencoba untuk memberikan gambaran yang objektif dan akurat tentang kehidupan subjek.

Biografi Tidak Resmi

  • Ditulis tanpa izin atau kerja sama dari subjek biografi.
  • Biasanya didasarkan pada penelitian independen dan dapat berisi spekulasi atau interpretasi penulis.
  • Dapat lebih subjektif daripada biografi resmi, tetapi juga dapat memberikan perspektif yang berbeda tentang kehidupan subjek.

Cara Penulisan Biografi oleh Penulis Sendiri

Menulis biografi otobiografi dapat menjadi tugas yang menantang namun bermanfaat. Dengan membagikan kisah hidup Anda dari sudut pandang Anda sendiri, Anda dapat menyajikan perspektif unik dan otentik.

Tips Menulis Biografi Otobiografi

  • Fokus pada peristiwa penting: Pilih peristiwa dan pengalaman yang membentuk hidup Anda, menyoroti momen-momen yang memengaruhi perjalanan dan pandangan Anda.
  • Gunakan bahasa yang deskriptif: Ciptakan citra yang jelas dengan menggunakan bahasa sensorik dan detail spesifik untuk menghidupkan kisah Anda.
  • Bersikaplah jujur dan otentik: Bagikan pemikiran dan perasaan Anda yang sebenarnya, menunjukkan sisi diri Anda yang rentan dan manusiawi.
  • Sertakan kutipan: Gunakan kutipan dari jurnal, surat, atau sumber lain untuk memberikan bukti dan memperkuat narasi Anda.
  • Koreksi dengan cermat: Luangkan waktu untuk mengoreksi biografi Anda dengan cermat, memastikan akurasi faktual dan kejelasan bahasa.

Contoh Blok Kutipan yang Efektif

“Saya selalu percaya bahwa keberanian adalah kunci kesuksesan. Tanpa keberanian, Anda tidak akan pernah mengambil risiko atau keluar dari zona nyaman Anda.”

Cara Penulisan Biografi oleh Orang Lain

berikut ini yang termasuk biografi berdasarkan sisi penulisnya adalah

Menulis biografi tentang orang lain memerlukan pendekatan yang berbeda dari menulis otobiografi. Artikel ini akan membahas etika dan pendekatan dalam menulis biografi non-otobiografi, serta merinci proses penelitian dan pengumpulan informasi yang diperlukan.

Etika Penulisan Biografi

Saat menulis biografi tentang orang lain, penting untuk mempertimbangkan etika. Penulis harus menghormati privasi subjek dan hanya menulis informasi yang relevan dan akurat. Mereka juga harus menghindari bias pribadi dan berusaha untuk menyajikan pandangan yang seimbang.

Penelitian dan Pengumpulan Informasi

Proses penelitian untuk biografi non-otobiografi melibatkan pengumpulan informasi dari berbagai sumber. Ini termasuk:

  • Wawancara dengan subjek dan orang yang mengenal mereka
  • Penelitian dokumen seperti surat, catatan harian, dan artikel
  • Observasi terhadap subjek dalam situasi yang berbeda
  • Tinjauan literatur tentang topik terkait

Setelah mengumpulkan informasi, penulis perlu menganalisis dan mensintesisnya untuk menciptakan narasi yang koheren dan menarik.

Kegunaan Biografi

Membaca dan menulis biografi menawarkan banyak manfaat. Biografi tidak hanya memberikan wawasan tentang kehidupan individu, tetapi juga menginspirasi, memotivasi, dan mendidik kita.

Inspirasi

  • Biografi tokoh sejarah yang sukses dapat menginspirasi kita untuk mengatasi tantangan dan mengejar tujuan kita sendiri.
  • Kisah hidup orang-orang biasa yang telah mencapai hal-hal luar biasa dapat menunjukkan kepada kita bahwa apa pun mungkin.

Motivasi

  • Membaca tentang orang yang telah mengatasi kesulitan dapat memotivasi kita untuk melakukan hal yang sama.
  • Mengetahui bagaimana orang lain mencapai kesuksesan dapat memberi kita keyakinan untuk mengejar impian kita.

Pendidikan

  • Biografi dapat memberikan konteks sejarah dan budaya, membantu kita memahami peristiwa dan orang-orang dari masa lalu.
  • Mereka dapat mengajarkan kita tentang nilai-nilai dan prinsip hidup yang berbeda, memperluas perspektif kita.

Contoh Biografi

Biografi adalah catatan tertulis tentang kehidupan seseorang. Biografi dapat ditulis oleh penulis sendiri (autobiografi) atau oleh orang lain (biografi).

Autobiografi

  • Autobiografi Benjamin Franklin (1791): Sebuah catatan kehidupan dan karier Benjamin Franklin, salah satu tokoh penting dalam Revolusi Amerika.
  • The Autobiography of Malcolm X (1965): Kisah kehidupan aktivis hak-hak sipil Malcolm X, dari masa kecilnya hingga pembunuhannya.

Biografi

  • The Life of Samuel Johnson (1791) oleh James Boswell: Biografi yang dianggap sebagai salah satu biografi terbesar yang pernah ditulis, memberikan wawasan mendalam tentang kehidupan dan karya Samuel Johnson.
  • Steve Jobs (2011) oleh Walter Isaacson: Biografi resmi pendiri Apple, Steve Jobs, yang mengeksplorasi kariernya dan pengaruhnya terhadap industri teknologi.

Terakhir

berikut ini yang termasuk biografi berdasarkan sisi penulisnya adalah

Baik otobiografi maupun biografi non-otobiografi menawarkan perspektif unik tentang kehidupan individu. Membaca dan menulis biografi tidak hanya dapat memperkaya pengetahuan kita, tetapi juga menginspirasi, memotivasi, dan mendidik kita. Jadi, ambil pena atau laptop Anda dan mulailah menulis kisah hidup Anda atau orang lain yang menginspirasi Anda.

Bagian Pertanyaan Umum (FAQ)

Apa perbedaan utama antara otobiografi dan biografi non-otobiografi?

Otobiografi ditulis oleh subjeknya sendiri, sedangkan biografi non-otobiografi ditulis oleh orang lain.

Apa etika yang perlu dipertimbangkan saat menulis biografi non-otobiografi?

Penulis harus memastikan akurasi, menghormati privasi subjek, dan mendapatkan izin yang diperlukan.

Bagaimana cara mendapatkan informasi yang diperlukan untuk menulis biografi non-otobiografi?

Melalui wawancara, penelitian arsip, dan observasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *